PEMILIHAN KONSENTRASI MAHASISWA ANGKATAN 9 TAHUN 2019

Awal tahun 2019 telah dimulai dan merupakan awal semester baru untuk semester genap tahun ajar 2018/2019. Kurikulum pada semester dua (II) bagi mahasiswa angkatan IX (sembilan) Magister Ilmu Akuntansi Universitas Jambi ditawarkan kurikulum dengan dua pilihan yaitu sebagai berikut:

SEMESTER II

KONSENTRASI AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK

NO KodeMata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS
1 2 3 4
1 MAK521 Sistem Informasi Akuntansi 3
2 MAK522 Analisis Laporan Keuangan dan Perpajakan 3
3 MAK523 Etika Profesi dalam Akuntansi 3
4 MAK524 Akuntansi Keuangan Sektor Publik 3
Jumlah SKS Semester III Konsentrasi Akuntansi Sektor Publik 12

KONSENTRASI AKUNTANSI MANAJEMEN

NO KodeMata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS
    1              2                                               3             4
1 MAK521 Sistem Informasi Akuntansi             3
2 MAK522 Analisis Laporan Keuangan dan Perpajakan             3
3 MAK523 Etika Profesi dalam Akuntansi             3
4 MAK525 Akuntansi Manajemen Lanjutan             3
Jumlah SKS Semester II Konsentrasi Akuntansi Manajemen            12

Perbedaan kedua konsentrasi, Akuntansi Keuangan Sektor Publik dan Akuntansi Manajemen Lanjutan

Akuntansi Keuangan Sektor Publik membahas seputar kondisi keuangan di instansi publik, baik di tingkat daerah maupun pusat. Akuntansi Sektor publik merupakan sebuah proses untuk mengumpulkan, mencatatat, mengklasifikasikan, menganalisis serta membuat laporan transaksi keuangan untuk sebuah organisasi publik yang menyediakan informasi keuangan bagi pihak yang membutuhkannya untuk digunakan saat pengambilan sebuah keputusan.

Tujuan Akuntansi Sektor Publik

  1. Management Control, tujuannya untuk memberikan informasi yang dibutuhkan untuk mengelola suatu organisasi dengan cepat, tepat, efisien serta ekonomis atas operasi dan penggunaan sumber daya yang dipercayakan/ dianggarkan untuk sebuah organisasi.
  2. Accountability, tujuan ini hampir sama dengan management control yaitu memberikan informasi yang berguna untuk manager sektor publik yang digunakan untuk melaporkan pelaksanaan tanggungjawab sumber daya/ bidang/ divisi yang berada di bawah wewenangnya. Selain itu juga untuk melaporkan kegiatan kepada publik atas operasi pemerintah serta penggunaan dana/ anggaran publik.

Akuntansi Manajemen Lanjutan merupakan sistem akuntansi yang berkaitan dengan ketentuan dan penggunaan informasi akuntansi bagi manajemen dalam suatu organisasi dan untuk memberikan dasar kepada manajemen untuk membuat keputusan bisnis yang akan memungkinkan manajemen akan lebih siap dalam pengelolaan dan melakukan fungsi kontrol bagi organisasi ke depannya.

Pemakai Informasi pada akuntansi manajemen terutama untuk manajemen (pihak internal) perusahaan. Dasar Penyajian Informasi pada Akuntansi manajemen lanjutan tidak ada yang mendasari, dalam arti tidak ada pihak manapun yang mengatur bagaimana informasi akuntansi manajemen harus disajikan. Bagi akuntansi manajemen lanjutan yang lebih penting adalah manfaat informasi tersebut, bukan masalah kesesuaiannya dengan prinsip akuntansi. Fokus Informasi akuntansi manajemen lanjutan memberika informasi keuangan dari bagian-bagian didalam perusahaan. Orientasi Informasi akuntansi manajemen lanjutan memberikan informasi yang mencakup data masa lalu dan data masa yang akan datang. Tipe Informasipada akuntansi manajemen lanjutan mencakup informasi moneter maupun non moneter. Ketetapan Informasi karena periode penyusunan informasi akuntansi manajemen lanjutan yang lebih menekankan ketepatan waktu bukan ketepatan data. Bahkan, agar informasi tidak terlambat, akuntansi manajeme menggunakan data taksiran.

Dua konsentrasi ini ditawarkan bagi mahasiswa Angkatan Sembilan dengan kuota masing masing konsentrasi 21 orang. Mahasiswa diharapkan dapat memilih konsentrasi sesuai dengan minat yang dapat mendukung mahasiswa dalam mengembangkan konsentrasi Ilmu Akuntansi yang dipelajari oleh mahasiswa. Pendaftaran konsentrasi mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Akuntansi Universitas Jambi angkatan IX (sembilan) dibuka mulai dari tanggal 4 Januari 2019 s/d masa pengontrakan habis. Proses pemilihan konsentrasi ini diterapkan pada sistem pengontrakan siakad, dan pembatasan kuota konsentrasi akan otomatis tertutup bila kuota konsentrasi sudah terpenuhi.

Pengelompokan kelas mahasiswa yang awalnya dibagi menjadi 2 kelas yakni ganjil dan genap, akan berubah menjadi kelas sektor publik dan manajemen sesuai dengan pemilihan mahasiswa. Jadi akan ada perombakan keanggotaan kelas sesuai pemilihan dari masing masing mahasiswa.

(re: admin)

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *