Struktur Organisasi
STRUKTUR ORGANISASI
PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU AUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS JAMBI
Ketua Program Studi Magister Ilmu Akuntansi
Dr. Wiralestari, S.E., M.Si.,CIQnR
Tugas Pokok:
Memimpin Program Studi dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat di dalam jurusannya.
Uraian Tugas :
- Membantu tugas Ketua Jurusan dalam pelaksanaan peningkatan mutu akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Tri Dharma Perguruan Tinggi) pada tingkat Program Studi.
- Berkoordinasi dengan Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan dalam melakukan penjaminan mutu akademik.
- Berkoordinasi dengan Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan dalam menyusun rencana dan program kerja Program Studi sebagai pedoman kerja.
Kewenangan:
- Menentukan dosen pengampu mata kuliah tiap semester.
- Menentukan dosen pembimbing dan penguji magang/kukerta dan tugas akhir.
- Melakukan evaluasi terhadap lama studi para mahasiswa.
- Mengkoordinasikan pembuatan RPS pengajaran.
Hubungan Kerja:
- Dekan.
- Wakil Dekan.
- Ketua Jurusan.
- Tata Usaha di Lingkungan Fakultas.
- Hubungan kerjasama dengan unit lainnya.
Sekretaris Program Studi Magister Ilmu Akuntansi
Dr. Wiwik Tiswiyanti.,S.E.,Ak.,M.M.,CA.
Ruang Lingkup Tugas:
Membantu tugas pokok Ketua Program Studi.
Staf Bidang Akademik
Zulfikar A.M. Noor, S.Pt. M.Si
Fungsi :
Melaksanakan administrasi akademik pada Prodi Magister Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi.
Ruang Lingkup Tugas :
Membantu Sekretaris Program dalam mengelola akademik dan kemahasiswaan serta tugas-tugas lain yang relevan yang dibebankan oleh Sekretaris Program.
Rincian Tugas :
- Mengarsipkan S.K. mahasiswa terdaftar dan mahasiswa yang cuti kuliah.
- Mengarsipkan daftar calon mahasiswa baru (formulir pendaftaran dan kelengkapannya).
- Menyusun jadwal kuliah, jadwal ujian mid semester dan ujian semester.
- Mengarsipkan dan mengelola nilai semester.
- Mengarsipkan kelengkapan dan menyiapkan KRS dan KHS setiap semester.
- Menyiapkan kelengkapan nilai mahasiswa yang akan ujian tesis.
- Membantu menyusun laporan tahunan.
A. Dalam Lingkup Perpustakaan dan Kemahasiswaan
Fungsi :
Pelayanan administrasi kemahasiswaan dan umum serta pelayanan perpustakaan.
Tugas :
- Membuat surat usulan pembimbing tesis.
- Membuat surat usulan seminar proposal.
- Membuat surat usulan penguji tesis.
- Membuat surat untuk dosen-dosen tentang pembimbing tesis, peserta seminar dan penguji tesis.
- Memproses dan membuat surat keterangan dan lain-lain yang diminta mahasiswa.
- Membuat S.K.–S.K. yang berkaitan dengan kepanitiaan dan administrasi umum.
- Menyusun laporan dibidang akademik dan kemahasiswaan.
- Mengumpulkan dan mendokumentasikan biodata dosen dan mahasiswa.
- Mengarsipkan semua dokumen yang berhubungan dengan kemahasiswaan.
- Membantu membuat laporan tahunan.
- Menginventarisir buku-buku di perpustakaan Prodi MIA FEB Unja.
- Menginventarisir tesis mahasiswa.
- Menginventarisir sumbangan buku-buku dari mahasiswa.
- Mencatat peminjaman buku-buku oleh mahasiswa dan dosen.
- Mencatat pengembalian buku yang dipinjam mahasiswa maupun dosen.
- Meminta uang denda keterlambatan pengembalian buku-buku dan mencatatnya.
- Membantu mempersiapkan keperluan kuliah.
- Secara berkala memberikan laporan keuangan perpustakaan.
- Menjaga kebersihan ruangan perpustakaan.
B. Dalam Lingkup Administrasi Umum
Fungsi:
Membantu Sekretaris dalam hal mengelola memperlancar Kegiatan administrasi/ umum.
Rincian Tugas :
- Memberikan pelayanan Administrasi dan kegiatan umum lainnya, berkaitan dengan keuangan.
- Melaksanakan urusan surat menyurat yang diperlukan untuk kemudian diagendakan dan diarsipkan.
- Membantu mempersiapkan keperluan perkuliahan.
- Memperlancar administrasi keuangan.
- Melaksanakan kegiatan-kegiatan lain yang diperintahkan oleh atasan.
- Membantu menyusun laporan akhir tahun.
Staf Bidang Keuangan
Rozie, S.Ag
Ruang Lingkup Tugas :
Membantu Sekretaris Program dalam mengelola keuangan Prodi MIA FEB Unja agar sesuai dengan rencana.
Rincian Tugas :
- Membantu Sekretaris Program merancang anggaran penerimaan dan penggunaan dana.
- Mencatat dan membukukan setiap penerimaan uang dari staf Administrasi umum dan Keuangan secara teliti dan cermat.
- Mengalokasikan/melakukan pembayaran kepada pihak yang berhak untuk setiap pos pengeluaran sesuai dengan anggaran pengeluaran yang telah dirancang.
- Membantu Sekretaris Program dalam menyusun laporan akhir tahun.
Tanggung Jawab :
Staf Keuangan bertanggung jawab pada Sekretaris Program.